Tutorial Membuat Object Kamera dengan Menggunakan Blender - Part 1

Posted by PoSh_MeVu Monday 10 January 2011

Postingan kali ini saya ingin memberikan sedikit informasi dan tutorial dalam membuat sebuah object Kamera dengan menggunakan Blender. Postingan ini menjadi bagian dari tugas mata kuliah softskill saya dalam membuat animasi 3D. Nah di Part 1 ini saya hanya akan membahas gimana cara membuat object Kamera tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Untuk membuat object Kamera pada Blender, menggunakan beberapa Mesh yang akan membentuk kesatuan dari Kamera itu. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuat Lensa dari kamera yang akan kita buat. Kita buat dari sebuah Circle seperti dibawah ini :

Diatas ini cara kita memasukan circle ke dalam layer. Pilih add -> Mesh -> Circle, maka setelah kita pilih akan menghasilkan gambar dibawah ini.

Setelah itu kita akan mulai membentuk kameranya dengan memainkan extrude dan scale, kedua perintah itu dapat kita gunakan dengan menekan tombol E dan S.

Diatas kita gunakan extrude untuk menaikan circle ke posisi lebih tinggi, setelah itu kita akan menscale atau mengecilkan bagian atas dari circle ini dengan menggunakan perintah S. dan akan menghasilkan gambar seperti dibawah ini :

Setelah membuat gambar diatas kita akan bentuk bagian atas untuk menyelesaikan pembuatan Lensa ini sehingga kita dapat menggabungkannya dengan body kamera yang akan kita buat setelah ini. Apabila Lensa telah selesai kita buat maka akan menghasilkan seperti ini :

Langkah selanjutnya adalah membuat body dari kamera, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menambahkan object Cube pada Blendernya. Setelah kita masukkan kita setting ukuran dari cube tersebut dengan menggunakan Scale dan tarik vertexnya. Seperti dibawah ini :

Lalu kita set juga panjang dan lebar agar dapat dilihat lebih menarik kamera yang kita buat. Dan hasilnya seperti dibawah ini :

Setelah itu kita akan membuat beberapa bagian dari kamera yang kita buat yaitu layar, sudut pandang dari kamera dan tombol untuk memotret object dari sebuah kamera. Untuk membuat bagian layar dari camera kita akan buat dari sebuah cube juga yang akan dibuat lebar dan tipis sehingga dapat kita bentuk seperti layar, langkah-langkahnya seperti dibawah ini :

Setelah itu kita extrude dan scale kearah dalam dari kotaknya dan kita lakukan pada bagian atas dari kotak tersebut dan hasilnya seperti dibawah ini :

Setelah kita lakukan langkah diatas, maka langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah mengextrude kembali bagian atas menuju kedalam dari kotaknya sehingga menjadi seperti dibawah ini :

Dapat kita lihat diatas gambar jadi dari layar untuk kamera yang kita buat, setelah itu kita akan membuat sudut pandang dari kamera dengan cara menscale ulang layarnya menjadi kecil dan hasilnya akan menjadi seperti ini :

Setelah kita selesai membuat beberapa bagian tersebut kita akan membuat tombol untuk kamera ini dengan cara membuatnya dari tube yang discale mejadi ukuran yang lebih kecil sehingga dapat kita padukan dengan body dari kamera seperti dibawah ini :

Setelah dibuat kita akan menscalenya sehingga menjadi seperti dibawah ini :

Kemudian selanjutnya adalah membuat kaca flash dari kamera. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menambahkan object Cube pada Blendernya sebagai rumah untuk flash kamera. Setelah kita masukkan kita setting ukuran dari cube tersebut dengan menggunakan Scale dan tarik vertexnya.

Setelah itu buat object Cube lagi dengan ukuran yang lebih kecil. yang digunakan sebagai kaca flash kamera. Contoh pembuatan rumah dan kaca flash kamera dapat dilihat seperti gambar dibawah ini :

Lalu kita set juga panjang dan lebar agar dapat dilihat lebih menarik kamera yang kita buat. Dan hasilnya seperti dibawah ini :

Untuk object Cube yang sebagai kaca flash kamera, buat object tersebut menjadi terlihat seperti kaca dengan memilih menu Transparency dan diatur besarnya Alpha, Specular dan Amount-nya sesuai dengan keinginan kita.

Pembuatan object selanjutnya adalah membuat kaca dari lensa kamera. Pertama, kita harus membuat object Tube yang discale mejadi ukuran yang lebih kecil sehingga dapat kita padukan dengan object Lensa kamera yang telah kita buat sebelumnya seperti dibawah ini :

Setelah dibuat kita akan menscalenya sehingga menjadi seperti dibawah ini :

Kemudian kita ubah object tersebut agar terlihat seperti kaca Lensa dengan memilih menu Transparency dan diatur besarnya Alpha, Specular dan Amount-nya sesuai dengan keinginan kita.

Dan setelah semua bagian selesai maka langkah selanjutnya adalah menggabungkannya menjadi kesatuan utuh dari sebuah kamera, maka akan jadi seperti gambar dibawah ini :