Tutorial Pembuatan Objek berupa Anjing dengan Blender

Posted by PoSh_MeVu Saturday 28 May 2011

Pembuatan Objek berupa Anjing dengan Blender


Pada kesempatan kali ini saya akan membuat objek berbentuk Anjing. Sebenarnya pada aplikasi Blender, pembuatan Anjing ini cukup mudah. Karena Tool-tool yang digunakan pun sudah umum dan tersedia secara lengkap pada menu Blender, sehingga objek dapat dikerjakan dengan cepat.


Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuka Aplikasi Blender yang akan kita gunakan dalam pembuatan Objek Anjing seperti Gambar dibawah ini

Tampilan awal Blender 2.5 Beta

Yang pertama dilakukan adalah membuka aplikasi Blender yang sudah terinstal di dalam komputer anda. Dan kemudian akan muncul tampilan awal dari Blender seperti gambar dibawah ini.


Tampilan awal Blender

Langkah selanjutnya adalah membuat suatu objek baru. Dimana dalam pembuatan suatu objek pada Blender ini bisa menggunakan banyak cara. Untuk project ini, pembuatan Anjing dimulai dengan membuat kepala menggunakan UV Sphere. Yang pertama dilakukan adalah pada menu bar pilih Add -> Mesh -> UV Sphere. Ini dilakukan untuk membuat suatu bola yang nantinya akan dibentuk menjadi sebuah kepala Anjing. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar dibawah ini

Membuat bola dengan UV Sphere



Tampilan objek UV Sphere

Selanjutnya kita bentuk bola tersebut hingga membentuk kepala Anjing dengan menseleksi verteks – verteks yang ada. Langkah pertama yang dilakukan adalah ubah object mode ke edit mode. Kemudian verteks dari bola tersebut akan terlihat. Disinilah kita akan menseleksinya satu persatu dengan menekan tombol Shift. Jangan lupa untuk menseleksi verteks dengan menggunakan klik kanan. Setelah terseleksi daerah yang kita inginkan, tarik verteks tersebut sehingga membentuk kuping dari Anjing. Kemudian untuk pewarnaannya kita pilih menu Material -> New -> Diffuse pada jendela Properties dan pilih warna yang kita inginkan. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini



Membuat kepala dengan UV Sphere


Langkah selanjutnya kita bentuk mata Anjing dari objek UV Sphere. Langkah pertama yang dilakukan adalah pada menu bar pilih Add -> Mesh -> UV Sphere. Kita tambahkan 2 buah objek UV Sphere. Kemudian dari objek tersebut kita gabungkan sehingga membentuk mata Anjing. Lakukan pewarnaan pada salah objek UV Sphere sebagai bagian hitam dari mata Anjing. Selanjutnya seleksi kedua objek tersebut dan pilih Duplicate untuk membuat duplikasi objek yang serupa. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini


Membentuk mata dengan UV Sphere


Selanjutnya gabungkan kedua objek mata yang telah kita buat tadi dengan objek kepala Anjing sesuai dengan posisi yang diinginkan. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini


Menggabungkan objek mata dengan objek kepala


Langkah selanjutnya kita bentuk mulut Anjing dari objek UV Sphere. Langkah pertama yang dilakukan adalah pada menu bar pilih Add -> Mesh -> UV Sphere. Kemudian lakukan Scale terhadap sumbu Y pada objek tersebut sehingga berbentuk agak lonjong menyerupai mulut Anjing. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini


Membuat objek mulut Anjing dengan UV Sphere


Setelah itu lakukan penggabungan objek mulut yang telah kita buat tadi dengan objek kepala Anjing. Letakkan pada posisi yang diinginkan di bagian depan objek kepala Anjing sehingga membentuk moncong mulut dari Anjing tersebut. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini


Menggabungkan objek mulut dengan objek kepala


Selanjutnya kita bentuk bagian badan Anjing dari objek UV Sphere. Langkah pertama yang dilakukan adalah pada menu bar pilih Add -> Mesh -> UV Sphere. Kemudian lakukan Scale terhadap sumbu Y pada objek tersebut sehingga berbentuk agak lonjong menyerupai badan Anjing. Setelah itu kita seleksi verteks yang ingin kita gunakan untuk membuat ekor dari Anjing. Lakukan penseleksian dengan menekan tombol Shift dan menggunakan klik kanan. Tarik verteks yang telah diseleksi tadi ke arah luar objek. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini


Membuat objek badan Anjing dengan UV Sphere



Langkah selanjutnya adalah membuat suatu objek baru. Pembuatan objek berikutnya adalah leher Anjing. Yang pertama dilakukan adalah pada menu bar pilih Add -> Mesh -> Cylinder. Ini dilakukan untuk membuat suatu tabung yang nantinya akan dibentuk menjadi sebuah leher Anjing. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar dibawah ini



Membuat leher dengan Cylinder


Selanjutnya kita lakukan penggabungan objek leher yang telah kita buat dengan objek badan Anjing. Letakkan posisi obje leher sedikit miring untuk digabungkan dengan objek kepala Anjing. Miringkan objek leher tersebut terhadap sumbu X dengan sudut derajat sesuai dengan keinginan. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar dibawah ini


Menggabungkan objek leher dengan objek badan Anjing



Langkah selanjutnya adalah pewarnaan objek badan Anjing dengan memilih menu Material -> New -> Diffuse pada jendela Properties dan pilih warna yang kita inginkan. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini


Melakukan pewarnaan objek badan Anjing



Langkah selanjutnya adalah membuat suatu objek baru. Pembuatan objek berikutnya adalah kaki Anjing. Yang pertama dilakukan adalah pada menu bar pilih pilih Add -> Mesh -> UV Sphere dan pilih Add -> Mesh -> Cylinder untuk objek yang kedua. Ini dilakukan untuk membuat suatu bola dan tabung yang nantinya akan digabungkan untuk dibentuk menjadi kaki Anjing. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar dibawah ini


Membuat objek kaki dengan UV Sphere dan Cylinder


Langkah terakhir adalah melakukan duplikasi terhadap objek kaki Anjing yang telah dibuat. Pilih Duplicate dan lakukan sebanyak 3 kali sehingga total semuanya ada 4 buah objek kaki Anjing. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar dibawah ini


Melakukan duplikasi terhadap objek kaki Anjing


  1. Anonymous Says:
  2. qo ga ada gambarnya yaa?? butuh banget tutorial ini, dan ngebantu banget nii, gambarnya bisa di publish ga??

     

Post a Comment